KEBUTUHAN ELIMINASI

2.1 Pengertian Eliminasi
Eliminasi adalah proses pembuangan sisa metabolism tubuh baik berupa urine atau feses. Kebutuhan eliminasi dibagi menjadi dua yaitu; eliminasi urine dan eliminasi alvi (kebutuhan buang air besar).
2.2 Jenis – Jenis Eliminasi
2.2.1 Eliminasi Urine (kebutuhan buang air kecil)
2.2.2 Eliminasi Alvi (kebutuhan buang air besar)
2.3 Pengertian Eliminasi Urine
Eliminasi urine adalah kebutuhan dalam manusia yang esensial dan berperan menentukan kelangsungan hidup manusia.Eliminasi dibutuhkan untuk mempertahankan homeostasis tubuh.
2.4 Organ yang Berperan dalam Eliminasi Urine
2.4.1 Ginjal
Ginjal merupakan organ retroperitoneal (dibelakang selaput perut) yang terdiri atas ginjal sebelah kanan dan kiri tulang panggul.Ginjal berperan sebagai pengatur komposisi dan volume cairan dalam tubuh.Ginjal juga menyaring bagian dari darah untuk dibuang dalam bentuk urine sebagai zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh.Bagian ginjal terdiri atas nefron yang merupakan unit dari struktur ginjal yang berjumlah kurang lebih satu juta nefron.Melalui nefron, urine disalurkan ke dalam bagian pelvis ginjal kemudian disalurkan melalui ureter menuju kandung kemih.
2.4.2 Ureter

Ureter adalah suatu saluran moskuler berbentuk silider yang menghantarkan urine dari ginjal menuju kandung kemih. Panjang ureter adalah sekitar 20 – 30 cm dengan diameter maksimum sekitar 1,7 cm didekat kandung kemih dan berjalan dari hilus ginjal menuju kandung kemih. Dinding ureter terdiri dari mukosa yang dilapisi oleh sel – sel transisional, otot polossirkuler, dan longitudinal yang dapat melakukan kontraksi guna mengeluarkan urine menuju kandung kemih.

Materi selengkapnya silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar