MODUL AJAR DASAR-DASAR AGROTEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

 PERSIAPAN PEMBELAJARAN



  • Mengidentifikasi perkembangan teknologi dan isu-isu global di bidang layanan kesehatan
  • LK 1 : Memahami perkembangan teknologi yang digunakan di bidang layanan
  • LK 2: Memahami Teknologi Konvensional, memanfaatkan Industri 4.0 dalam layanan kesehatan

Persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai:

✔ Membaca materi pembelajaran

✔ Menyiapkan lembar kerja peserta didik  

✔ Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran

 

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 

60-90 menit

Modul Dasar Dasar Layanan Kesehatan 

Pembukaan (20 menit)

1. Peserta didik melakukan do’a dan bersyukur sebelum belajar.

2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.

4. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan.

5. Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa materi yang akan dipelajari yaitu perkembangan teknologi dalam layanan kesehatan memiliki banyak aplikasi tidak hanya di bidang kesehatan, kedokteran, tetapi banyak diterapkan di bidang yang lain, seperti sosial, masyarakat, dan kehidupan sehari-hari

6. Guru mengaitkan perkembangan teknologi dalam layanan kesehatan dengan kehidupan nyata.

 

Kegiatan Inti (60 menit)

Langkah 1. Klarifikasi Masalah

1. Guru dapat membagi peserta didik menjadi sembilan kelompok yang maksimal terdiri 2 - 3 orang menyesuaikan jumlah peserta didik.

2. Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual yang disajikan oleh guru atau tautan pada LK atau mengerjakan latihan soal (pada Lembar Kerja/ Modul ada petunjuk kelompok atau individu)

3. Peserta didik memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan perkembangan teknologi dan isu-isu global dalam layanan kesehatan secara umum.

4. Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK.

5. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok atau indiviual untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain atau secara individual untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal. 

Modul dasar - dasar Layanan Kesehatan

 

Langkah 2. Brainstorming

6. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing atau individual dengan guru berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan pembahasan).

7. Peserta didik dalam kelompok atau individual melakukan brainstorming dengan cara berbagi information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang dibahas dalam kehidupan sehari-hari.

 

Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data

8. Peserta didik masing-masing kelompok atau individual juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk :

a) Menemukan materi pembahasan melalui penyelidikan dan diskusi tentang perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan

b) Menemukan informasi relevan berkaitan dengan perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan

c) Mengaplikasikan perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan dalam menyelesaikan permasalahan.

9. Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 8, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata.

10. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok atau individual untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik.

11. Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok atau individual untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti.

 

Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah

12. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan.

13. Peserta didik dalam kelompok masing-masing atau individual dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh.

14. Peserta didik dalam kelompok atau individual menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah

15. Beberapa perwakilan kelompok atau secara individual menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.

16. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Modul Dasar - Dasar Layanan Kesehatan

Langkah 6. Refleksi

17. Peserta didik melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait perkembangan teknologi di bidang layanan kesehatan

18. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik.

 

Penutup (10 menit)

1. Guru menggunakan metode tanya jawab, peserta didik bersama guru menyebutkan kembali intisari materi pembelajaran hari ini.

2. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya.

3. Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku buku di perpustakaan atau mencari di internet.

4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucupkan syukur dan berdoa bersama semoga apa yang dipelajari hari ini dapat dipahami dengan baik.

Selengkapnya silahkan lihat disini 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar