ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN YANG DIPATAU

Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan dilihat dari segi fisik, social, intelektual, dan emosi, serta tahapan masing-masing usia (Suryanah. 1996) sebagai berikut:
1. Berat badan
Bayi baru lahir memiliki berat badan 2500-3000 gram. kemudian akan terjadi penurunan berat badan secara fisiologis antara 5%-10%. Setelah 10-14 hari, berat badan bayi akan kembali normal. Bayi mengalami empat penyesuaian ulama sebelum mencapai kemajuan dalam pertumbuhan dan perkembangan: perubahan suhu, pernapasan, mengisap, menelan, dan cara pembuangan melalui organ-organ sekresi
2. Panjang badan
Panjang badan bayi saat lahir sekitar 48-50 cm. Pada akhir tahun pertama kehidupan, terjadi penambahan 25 cm sehingga ketika usia 1 tahun tinggi badan anak mencapai 75 cm.
Tahap pertumbuhan tinggi badan pada anak:
  1. Usia 1 tahun, sekitar 73-75 cm,      c. Usia 3 tahun, sekitar 83 cm,   
  2. Usia 2 tahun, sekitar 80 cm,   
3.  Lingkar kepala
  1. Ukuran kepala anak merupakan salah satu ukuran yang penting pada tubuh karena berhubungan erat dengan isi tengkorak yang berhubungan dengan pertumbuhan Otak. Ada dua macam ukuran kepala yang penting:
  2. a. Diameter antero-posterior (ukuran muka belakang) b. Diameter tranversal (ukuran ke samping kiri/kanan) melalui tulang ubun-ubun kanan-kiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar