STRATEGI PELAKSANAAN MELAKUKAN PEMERIKSAAN TTV

  A.  Proses Keperawatan
     1.      Kondisi Umum Klien : Compos Mentis (CM)
DS : -  Klien mengatakan ia merasa pusing
  •     Klien mengatakan sesak
  •     Klien mengatakan badannya terasa panas
DO : - Klien tampak memegang dahinya
  •       Klien tampak lemah
  •     Dari catatan keperawatan klien didapatkan data bahwa pada tadi malam, selasa 10 Februari 2017 jam 21.00WIB didapatkan data : TD : 130/90mmHg, S : 38C, N : 110x/menit, RR: 24x/menit
Diagnosa Keperawatan : Hipertermi b/d proses penyakit
2.      Tujuan :
     Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 1 x 24 jam diharapkan peningkatan suhu tubuh dapat teratasi
3.      Tindakan keperawatan :
Melakukan pengukuran TTV ( TD, S, N dan RR)

B.  Fase Orientasi
1.      Salam terapeutik
Selamat pagi ibu...perkenalkan nama saya melani sari,ibu boleh memanggil saya suster mela. Saya yang bertugas pagi ini ibu, mulai dari jam 07.00 hingga jam 14.00 siang nanti. Ibu benar yang bernama ibu nurindira? Ibu senangnya dipanggil apa bu? Oh...iya baiklah,,saya panggil ibu ira ya.

2.      Evaluasi (validasi)
Ibu ira bagaimana keadaan nya pagi ini ?

3.      Kontrak
a.       Topik : Ibu ira pagi ini saya akan melakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah ibu, suhu badan ibu, nadi ibu serta pernapasan ibu ya.
b.      Tujuan : tujuannya agar dapat mengetahui tekanan darah ibu, suhu tubuh ibu, nadi serta pernafasan ibu ya, sehingga dokter dapat memberikan obat yang tepat bagi ibu.
c.       Waktu : Kita gak lama kok bu sekitar 15-20 menit saja.
d.      Tempat : Tempat kita di ruangan ibu ini saja ya bu, di tempat tidur ibu ini. Bagaimana ibu ira, apakah ibu ira bersedia? Baiklah karena ibu ira bersedia, saya siapkan dulu alatnya ya bu.
      C.    Fase Kerja
( Langkah-langkah kerja mengukur TD, S, N dan RR di narasikan)


      D.    Fase Terminasi
1.      Evaluasi subjektif :
Nah ibu bagaimana perasaan ibu ira sekarang setelah saya melakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah ibu, suhu ibu, nadi serta pernapasan ibu?  wah...baik ya bu.

2.      Evaluasi Objektif :
TD : 120/80mmHg, S : 36,5C, N : 80x/menit, RR : 24x/menit

3.      Rencana tindak lanjut
Baiklah ibu ira saya telah selesai melakukan pemeriksaan terahadap tanda-tanda vital ibu. Hasil dari tekanan darah ibu : 120/80mmHg, Suhu ibu : 36,5C, Nadi ibu : 80x/menit, serta pernapasan ibu 24x/menit ya. Sekitar jam 10.00WIB nanti saya akan memberikan ibu obat ya bu.

        E.     Kontrak yang akan datang
1.  Topik : ibu ira jam 10.00WIB nanti saya akan datang lagi keruang ibu ini untuk memberikan ibu obat ya.

2.        Tujuan : tujuannya ibu ira agar kita dapat selalu mengontrol tanda-tanda vital ibu ya

3.        Waktu : waktunya sekitar 10-15 menit saja ya bu

4.      Tempat : tempat nya di ruangan ibu ini ya. Bagaimana bu ira apakah ibu bersedia? baiklah kalau ibu bersedia, saya permisi keluar dulu ya bu. Jika ibu ada keluhan lain, ibu ira dapat memencet bel ini ya bu. Ibu ira istirahat ya. Permisi ibu, assalamualaikum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar